Minggu, 20 November 2011

Rangkuman Ekonomi (PASAR PERSAINGAN SEMPURNA)


C. Pasar Persaingan Sempurna
 1. Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
  Suatu keadaan dimana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil interaksi antara permintaan dan penawaran.

2. Ciri-ciri Persaingan Sempurna
a. Pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli, namun mereka tidak mau mempengaruhi harga. 
b. Dalam pasar persainagan sempurna banyak penjual. 
c. Barang dan jasa yang di jual bersifat homogen dan tidak dapat di bedakan. 
d. Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna.
e. Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar.
f. Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan.

3. Laba Maksimum dalam Pasar Persaingan Sempurna
            Untuk mengetahui titik pulang pokok dan laba maksimum suatu perusahaan. Kita harus mengetahui terlebih dahulu total biaya dan total penerimaan yang di peroleh dari hasil penjualan produk.
a.Penerimaan Total (Total Revenue)
            Sebagai pendapat yang di peroleh dari hasil penjualan produk.
Rumus : TR=PxQ
b.Penerimaan Rata-rata (Averange revenue)
            Sebagai peneriaan total per unit yang di produksi.
Rumus:  TR = P
                Q
  c. Penerimaan Marjinal (Marginal revenue)
            Sebagai tambahan penerimaan yang di peroleh sebagai hasil dari penjualan satu unit.
Rumus : MR = TRn – TRn-1
d.Biaaya Marjinal (Marginal Cost)
            Tambahan biaya yang harus di keluarkan sebagai akibat dari memproduksi satu unit tambahan.
Rumus : MC = TCn – TCn-1
e. Biaya Total Rata-rata (Averange Total Cost)        
            Biaya yang harus di keluarkan untuk setiap unit produksi.
Rumus : ATC = TC
                           Q
4. Peran Pasar Pesaingan Sempurna Bagi Masyarakat
Harga yang terbentuk di pasr merupakan suatu batas apakah produsen sudah bekerja efektif  dan efesien dalam menekan biaya dan produksi  secara optimal.
5. Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan  Sempurna
a.Kebaikan Pasar Persaingan Sempurna
Harga terbentuk secara berdasarkan interelasi permintaan dan penawaran . Memberikan harga yang logis sesuai permintaan pasar.
b.Keburukan Pasar Persaingan Pasar Sempurna
Barang yang di perdaganggkan bersifat homogeny tidak ada keunggulan inovasi menjadi terhambat.